Friday, January 1, 2016

#TipsiH


April dua ribu tujuh, pertama kali menginjak dunia musik, saya gak bisa membedakan singkatan CD atau MC [cassette]. 

Tiap hari wara wiri bawa notes buat mencatat istilah2 di dunia baru saya. Maklum sebelum itu saya bekerja sebagai secretary di bidang finance ... kesimpulan : I'm BLANK !


April dua ribu tiga belas, genap enam tahun saya melintang pake gaya khayang, jongkok, tiduran, lompat sana lompat sini akhirnya LULUS dari dunia music specially international label musik tempat saya bekerja.

Gak sekedar jadi tempat yang menggaji bulanan, dunia musik mempertemukan saya dengan berbagai macam manusia dari yang artis kaliber dunia sampe artis lokal belom brojol, lahir prematur, sampe udah kondang, plus belajar intrik dan trik di music business yang gak bisa di dapet waktu kuliah atau kuliah musik manapun.

Ilmu jangan dibawa mati; dari pada saya lupa, mending mao bagi2 #TipsiH kali aja bisa berguna :p hehehhe

Buat artis yang baru mau masuk industry musik, pertama tolong di pikirkan matang2 coz it's not that simple to be a star. SUWER!

Motto gue; "the easy you get into the industry the easy you get out".

#TipsiH no.1 ANTUSIASME !

Sebagai pendatang baru di industry musik pasti kan butuh exposure abis2an, terutama dari teman2 media so it would be nice kalo JANGAN LEBAY. 

Selalu antusias apabila di interview oleh teman2 media, baik dari media radio, tv ataupun cetak & online. Jangan pernah males2an dan menunjukkan kebosanan apabila di tanyakan pertanyaan yang sama berulang-ulang. 

Media dibagi atas 4 katagori besar; radio, tv, cetak [majalah/ tabloid/ koran] & electronic. Semuanya berperan penting sebagai "corong" materi kamu.

For your information; biasanya media visit radio bisa sehari 4-5 radio apalagi kalo lagi promo tour di luar jakarta dan pertanyaan yang diajukan akan sama dan berulang-ulang di masing2 radio, such as "personilnya siapa aja, kenalin diri dong", "nama band-nya apa", "judul single-nya apa", dll, dsb.

Please di-ingat nama yang interview dan dari media mana. Terutama media radio, karena radio mempunyai nama panggilan khusus untuk pendengar-nya. 


#TipsiH no.2 BODY LANGUAGE !

Body Language atau bahasa tubuh juga gak kalah penting dalam ber-promo.


Mungkin karena bosan di tanyakan pertanyaan yang sama berulang-ulang pada waktu interview kamu menunjukkan bahasa tubuh yang males2an, contohnya : main2in handphone yang sebenernya gak ada notification baru, gak konsen waktu di tanyakan sama sang interviewer, dll dsb. Gw yakin kamu bakalan masuk "bad reputation" list di temen2 media. And it's gonna be a snow ball beritanya. 

Ketemu fans yang gak sesuai dengan harapan langsung males2an padahal mereka lho yang bakalan beli album atau RBT ataupun yang nonton performer kamu.



Wardrobe penting banget juga di perhatikan. Bagi media tv, cetak & electronic "excellent from head to toe" is a must! karena kamu gak sekedar di interview tapi juga bakalan ada sesi foto dari berbagai angle. Terutama media tv, "etalase" jualan kamu yang paling mahal karena itungan durasi detik di tv sangat mahal dan semua artis pasti pengen masuk tv [bener gak tuh?]

Jangan mengira media radio karena tidak terlihat oleh audience trus bisa se-enaknya berpakaian. Mungkin aja materi kamu udah di airplay dan ternyata ada fans yang dateng langsung ke radio tersebut trus liat kamu cuma pake sendal jepit+kaos bolong2 secara si fans udah "ngayal" kamu keren banget mungkin dengan jaket kulit n sepatu boots ternyata khayalannya DROP cuma karena kamu pake kaos bolong2 lusuh plus sendal jepit. meh!


#TipsiH no. 3 PEMAHAMAN MATERI !


Q : Lagu kamu itu liriknya bercerita tentang apa ya ?
A : Tentang cinta. 

maksut lo dengan cinta apaan nih? cinta monyet? cinta sesama jenis? cinta mati? bingung kan lo kalo jadi yang nanya di kasih jawaban seperti itu. Mending di jawab dengan komplit. 
Misalnya; tentang cinta seseorang yang menyesal telah jatuh cinta pada orang yang salah ternyata orang itu hanya pemberi harapan palsu. 

Q : Lagu kamu ini ber-gendre apakah ?
A : British melayu.

Jangan pernah bikin gendre musik yang bisa bikin orang muntah2 darah pas interview kamu. Apa kabar John Lenon tuh kalo denger ada gendre british melayu. Bisa2 dia bangkit dari kubur buat jambakin rambut elu. hehehehe. So, make it as simple as you can. Misalnya; gendre musik kami adalah pop sedikit ada gendre rock. Dan ini pernah kejadian di salah satu band yang pernah di coaching.


#TipsiH no. 4 KOMUNIKATIF !


Karena kamu adalah calon artis ataupun udah jadi artis komunikatif haruslah di pupuk sedari dini. Misalnya di atas panggung sekiranya bisa berkomunikasi dengan audience karena merekalah sumber pundi2 uang kalian.

Komunikatif dengan media dimana n kapan aja specially pada saat interview. Lagi2 soal interview kan... hehehe...

So...selamat menempuh hidup baru & HAPPY NEW YEAR 2016 buat para pemburu ketenaran duniawi di industri entertainment...GANBATTTEEEEEEE \m/









No comments:

Post a Comment